RINGKASAN

Idham Albazami. Analisis Korelasi Hubungan Manusiawi (Human Relations)
dan Pengawasan dengan Semangat Kerja Pegawai (Studi pada Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Way Kanan) di bawah bimbingan Dr. H. Sunar Wahid, MS.

Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Way Kanan merupakan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang memiliki fungsi yang cukup kompleks dalam mengurus urusan rumah tangga pemerintah daerah Kabupaten Way Kanan, dan keberhasilan tugas tersebut tidak terlepas dari keseluruhan unsur manusia yang terlibat di dalamnya.

Salah satu faktor penting adalah bagaimana usaha pemimpin dalam melakukan proses pengawasan yang efektif serta memastikan bagaimana kegiatan hubungan manusiawi (human relations) telah berjalan dengan baik serta menegakkan iklim hubungan manusiawi yang sengaja diciptakan untuk menggiatkan dan memotivasi semangat kerja pegawai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara hubungan manusiawi (human relations) dan pengawasan dengan semangat kerja
pegawai pada Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Way Kanan. Penelitian menggunakan populasi sebagai responden sebanyak 48 orang pegawai pada Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Way Kanan. Data dikumpulkan dengan kuesioner, masing-masing variabel sebanyak 12 pertanyaan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan, (1) ada hubungan positif hubungan manusiawi (human relations) dengan semangat kerja pegawai yang ditunjukkan oleh adanya
koefisien korelasi yaitu rX1Y sebesar 0,439 dan kadar hubungan berada dalam interval 0,401 – 0,600 atau kategori hubungan sedang. (2) ada hubungan positif antara pengawasan dengan semangat kerja pegawai, yang ditunjukkan oleh adanya koefisien korelasi yaitu rX2Y sebesar 0,432 dan kadar hubungan sedang. (3) ada hubungan positif antara hubungan manusiawi (human relations) pengawasan secara bersama-sama dengan semangat kerja pegawai, yang ditunjukkan oleh adanya koefisien korelasi yaitu RX1X2Y sebesar 0,568 dan kadar hubungan sedang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s