R I N G K A S A N

Girendra. Pengaruh Komunikasi dan Pengembangan Karier Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Pada Bagian Umum, Perlengkapan dan Kearsipan Sekretariat Kota Bandar Lampung. Di bawah bimbingan Bapak Drs. Hi. Thontowie, M.S., selaku Pembimbing. Tebal 58 Halaman, 6 Tabel, 8 Gambar dan 8 Lampiran.

Bagian Umum, Perlengkapan dan Kearsipan Sekretariat Kota Bandar Lampung merupakan merupakan salah satu bagian yang berada di bawah Sekretariat Kota Bandar Lampung yang dipimpin oleh seorang kepala bagian dan empat orang kepala sub bagian. Masalah yang teridentifikasi dalam penelitian ini adalah bahwa komunikasi antara pimpinan dengan pegawai maupun antara sesama pegawai masih belum efektif, masih terlihat adanya kesalahan dalam memberikan persepsi dan penilaian terhadap komunikasi yang diberikan oleh pimpinan, belum maksimalnya kesempatan pengembangan karier yang diberikan kepada pegawai sebagai upaya pengembangan dirinya serta keinginan dari pegawai sendiri untuk mengembangkan potensi dirinya serta motivasi kerja pegawai belum maksimal yang ditandai dengan masih kurangnya rasa tanggung jawab pegawai dalam melaksanakan tugas yang dilihat dari kualitas, kuantitas maupun waktu penyelesaian pekerjaan.

Adapun tujuan dari penelitian ini secara simultan maupun parsial adalah untuk mengetahui, memahami dan menganalisis signifikansi pengaruh komunikasi dan pengembangan karier terhadap motivasi kerja pegawai Bagian Umum, Perlengkapan dan Kearsipan Sekretariat Kota Bandar Lampung. Kemudian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah bahwa baik secara parsial maupun simultan motivasi dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai pada Bagian Umum, Perlengkapan dan Kearsipan Sekretariat Kota Bandar Lampung Komunikasi dan pengembangan karier secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja pegawai Bagian Umum, Perlengkapan dan Kearsipan Sekretariat Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah melalui studi lapangan (field research) dan studi pustaka (library research). Kemudian pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan alat analisis kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan bantuan Program Microsoft Excel dan SPSS 14.0 for Windows Evaluation Version.

Berdasarkan hasil pembahasan dapat diketahui bahwa Komunikasi, pengembangan karier dan motivasi pegawai secara umum berdasarkan jawaban dari 81 orang responden pada Bagian Umum, Perlengkapan dan Kearsipan Sekretariat Daerah Kota Bandar Lampung secara umum sudah baik. Nilai koefisien korelasi rx1 (komunikasi) terhadap y (motivasi) sebesar
0,276 (kategori rendah). Hipotesis yang diajukan terbukti di mana
komunikasi berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas pegawai
Bagian Umum, Perlengkapan dan Kearsipan Sekretariat Kota Bandar
Lampung, diketahui dari hasil ttabel sebesar = 2,638 dan nilai thitung sebesar 3,617, sehingga thitung > ttabel. Nilai koefisien korelasi rx2 (pengembangan karier) terhadap y (motivasi) sebesar 0,602 (kategori tinggi). Hipotesis yang diajukan terbukti di mana pengembangan karier kerja berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas pegawai Bagian Umum, Perlengkapan dan Kearsipan Sekretariat Kota Bandar Lampung, diketahui dari hasil ttabel sebesar = 2,638 dan nilai thitung sebesar 6,223, sehingga thitung > ttabel. Nilai koefisien korelasi R sebesar 0,619 (termasuk kategori tinggi). Motivasi dan pengembangan karier pegawai secara simultan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas pegawai pada Bagian Umum, Perlengkapan dan Kearsipan Sekretariat Kota Bandar Lampung, diketahui dari hasil perhitungan Ftabel dengan dk = 81 yaitu sebesar = 3,96 sehingga dengan demikian Fhitung > Ftabel. Melalui perhitungan koefisien penentu, diketahui besarnya pengaruh komunikasi (X1) dan pengembangan karier (X2) terhadap motivasi (Y) adalah sebesar 38,3%. Sedangkan sisanya sebesar 61,7% produktivitas pegawai dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti melalui penelitian ini. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, maka implikasi yang dapat diberikan adalah hendaknya setiap pegawai Bagian Umum, Perlengkapan dan Kearsipan Sekretariat Daerah Kota Bandar Lampung mampu menciptakan komunikasi secara efektif dan efisien.

Komunikasi yang efektif dan efisien ini dapat dilakukan dengan cara menyampaikan suatu informasi melalui komunikasi secara transparan, jelas, terperinci dan tepat maksudnya sehingga tidak menimbulkan penafsiran atau interpretasi yang berbeda bagi orang lain, kemudian pengembangan karier dapat tercipta jika pegawai mencintai pekerjaannya dan selalu bersedia melakukan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Untuk itu setiap pegawai hendaknya dapat menciptakan suatu kondisi bahwa setiap tugas yang menjadi tanggung jawabnya merupakan suatu tantangan yang harus diselesaikan sebaik mungkin yang pada hakekatnya akan meningkatkan motivasi kerja pegawai di masa yang akan datang serta pimpinan harus dapat memberikan tauladan dalam pelaksanaan pekerjaan sehingga karyawan ikut termotivasi dalam bekerja sehingga motivasi kerja pegawai pada akhirnya akan terjaga dan meningkat di masa yang akan datang. Untuk meningkatkan motivasi pegawai dapat diupayakan misalnya dengan memberikan penghargaan kepada pegawai yang berprestasi, memberikan kesempatan kepada pegawai untuk mengembangkan dirinya dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan tertentu, memotivasi pegawai untuk melanjutkan pendidikan formal ke jenjang yang lebih tinggi dan memberikan perhatian secara kekeluargaan terhadap pegawai serta menjaga hubungan baik antara sesama pegawai (ek)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s